Banyuwangi adalah daerah yang kaya akan budaya dan kuliner yang menggugah selera. Berikut beberapa kuliner legendaris khas Banyuwangi yang patut Anda coba:

  1. Nasi Tempong: Nasi tempong adalah hidangan nasi putih yang disajikan dengan sambal pedas yang kuat, lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, atau telur, serta sayuran. Sambal tempong Banyuwangi rajazeus rtp terkenal karena kepedasannya yang khas.
  2. Sate Blengong: Sate blengong merupakan sate yang terbuat dari daging bebek air atau blengong. Daging bebek ini kemudian dibumbui dan dipanggang hingga matang. Sate blengong biasanya disajikan dengan sambal khas Banyuwangi yang pedas.
  3. Jajan Pasar: Banyuwangi memiliki beragam jajan pasar yang lezat, seperti kue lapis, jenang grendul, jenang jagung, dan lain-lain. Jenang grendul terbuat dari ketan yang digulung dan diisi dengan gula merah, sedangkan jenang jagung adalah campuran antara jagung dan santan yang manis.
  4. Soto Bathok: Soto Bathok adalah soto khas Banyuwangi yang disajikan dalam mangkuk dari batok kelapa. Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang kaya rasa, potongan daging ayam, tauge, daun bawang, dan rempah-rempah.
  5. Rujak Soto: Rujak soto adalah hidangan unik yang menggabungkan rujak (campuran buah-buahan dengan saus kacang) dengan soto (kuah kaldu dengan daging dan sayuran). Kombinasi manis, pedas, dan gurih dari rujak soto menjadi daya tarik tersendiri.
  6. Pecel Pincuk: Pecel pincuk adalah hidangan sayur-sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan lain-lain yang disajikan dengan sambal kacang dan ditaburi bawang goreng. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu kuliner tersebut?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *